Home Top Ad

Khasiat Sambiloto

Share:
Salah satu Khasiat Sambiloto adalah untuk meringankan kencing manis bagi penderita diabetes. Selain itu juga banyak digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional sejak abad ke 18. Sambiloto tumbuh di daratan rendah sampai ketinggian 700 mdpl, pada tempat terbuka dan lembab. Sambiloto mempunyai nama latin Andrographis Paniculata Ness, merupakan tumbuhan berkhasiat obat yang tingginya bisa mencapai 90 cm. Asal mula tumbuhan ini di duga dari asia tropika. Dari India meluas ke selatan di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya, lalu di temukan di Jawa.

Sambiloto merupakan herbal yang mempunyai efek anti infeksi/anti radang yang sangat baik. Penyakit-penyakit infeksi pada muncus atau lendir, seperti infeksi tenggorokan penyebab influenza, infeksi saluran kemih, keputihan pada wanita dan juga infeksi luka bisa diatasi dengan sambiloto.

Kandungan Sambiloto

Daun sambiloto mengandung laktone dan flavonoid. Laktone di peroleh dari daun dan cabangnya, masing-masing mengandungdeoxyandrographoldie, andropraholide (zat pahit), 14-deoxy-n, 12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide. Terdapat juga alkane, keton, aldehid, mineral (kalsium, kalium, natrium), asam kersik dan damar. Flavonoid sendiri apling banyak dari akar, yaitu polimetoksiflavon, andrgrafin, pan ikulin, mono-0-metilwithin, dan apigenin-7, 4-dimetiler.

Berikut adalah beberapa Khasiat Sambiloto dan manfaatnya

1. Mengobati Tifoid Dengan Sambiloto
Siapkan daun sambiloto segar kira-kira sebanyak 10 hingga 15 lembar. Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring, tambahkan madu asli secukupnya, setelah itu minum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari.

2. Mengobati Disentri basiler
3. Mengobati diare
4. Mengobati radang saluran napas

5. Mengobati radang paru
Ramuan untuk nomor 2-5 di atas gunakan daun sambiloto yang sudah dikeringkan sebanyak 9 hingga 15 gr. Setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring. Air rebusannya tersebut diminum sehari sebanyak 2 kali, masing-masing sebanyak 1/2 gelas.

6. Mengobati disentri
Siapkan herba krokot segar (Portulaca oleracea) kira-kira sebanyak 500 gram yang diuapkan selama 3 hingga 4 menit, setelah itu Anda tumbuk dan peras. Air perasan tersebut ditambahkan dengan bubuk kering daun sambiloto kira-kira sebanyak 10 gram sambil diaduk hingga tercampur rata. Campuran itu kemudian diminum 3x sehari, masing-masing sebanyak 1/3 bagian.

7. Mengobati influenza 

8. Mengobati sakit kepala
Untuk mengobati influenza dan sakit kepala, gunakan bubuk kering daun sambiloto sebanyak 1 gram, lalu diseduh dengan mengunakan secangkir air panas. Setelah dingin, kemudian diminum sekaligus, Lakukan 3 hingga 4 kali sehari. 

9. Mengobati demam
Siapkan daun sambiloto yang masih segar sebanyak 1 genggam, lalu ditumbuk. Tambahkan sekitar 1/2 cangkir air bersih, setelah itu saring lalu minum airnya sekaligus. Daun sambiloto segar yang digiling dengan halus juga dapat digunakan sebagai kompres badan yang panas.

10. Mengobati TB paru dengan sambiloto
Siapkan daun sambiloto yang sudah kering dan digiling menjadi serbuk. Tambahkan madu asli secukupnya kemudian diaduk hingga rata dan dibuat pil dengan diameter sekitar 0,5 cm. Pil ini kemudian diminum dengan menggunakan air matang 2 hingga 3 kali sehari, setiap kali minum sebanyak 15 hingga 30 pil.

11. Mengobati batuk rejan atau pertusis

12. Mengobati darah tinggi
Untuk no 7 dan 8 diatas siapkan daun sambiloto segar sebanyak 5 hingga 7 lembar yang diseduh dengan menggunakan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan saja madu asli secukupnya dan diaduk hingga rata. Setelah dingin kemudian Anda minum sekaligus. Lakukan ini sehari 3 kali saja.

13. Mengobati radang mulut

14. Mengobati radang tonsilitis
Untuk ketiga penyakit ini siapkan bubuk kering herba daun sambiloto sebanyak 3 hingga 4,5 gram yang diseduh dengan menggunakan air panas. Setelah dingin Anda dapat menambahkan madu asli secukupnya kemudian diminum sekaligus.

15. Mengobati Faringitis atau radang amandel dengan sambiloto
Siapkan daun sambiloto segar sebanyak 9 gram yang telah dicuci dan dibilas dengan menggunakan air matang. Kunyah daun tersebut dan aimya ditelan saja.

16. Mengobati hidung berle’ndir atau rinorea
16. Mengobati infeksi telinga tengah (OMA)

18. Mengobati sakit gigi
Untuk ketiga penyakit diatas siapkan daun sambiloto yang masih segar sebanyak 9 hingga 15 gram direbus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring, setelah itu diminum 2 kali sehari masing-masing1/2 gelas saja. 
Untuk OMA, gunakan daun sambiloto yang masih segar yang telah dicuci kemudian digiling hingga halus dan kemudian diperas. Gunakan airnya untuk tetes telinga.

19. Mengobati kencing manis
Siapkan daun sambiloto segar kira-kira sebanyak 1/2 genggam kemudian dicuci sampai bersih dan direbus dengan menggunakan 3 gelas air bersih hingga tersisa dua seperempat gelas. Setelah dingin kemudian disaring, setelah itu diminum setelah makan 3 kali dalam sehari masing-masing 3/4 gelas.

Jika tidak ingin repot, sudah banyak sambiloto yang tersedia dalam bentuk kapsul, salah satunya adalah "Borobudur Herbal Sambiloto"

20. Mengobati tifus dengan sambiloto
Ambil 10 hingga 15 daun sambiloto dan rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa sekitar 1 gelas kemudian diminum air rebusannya setelah dingin.

21. Mengobati radang tenggorokan
Ambil 10 hingga 15 lembar daun sambiloto dan rebus dengan menggunakan 2 hingga 3 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tersebut tersisa sekitar 1 gelas. Setelah itu dinginkan dan minum air rebusannya. Lebih baik lagi jika ramuan ini ditambahkan dengan 3 hingga 5 lembar daun sirih merah.

22. Mengobati gigitan ular berbisa ataupun sengatan binatang berbisa lainnya
Caranya adalah kunyah daun sambiloto dan telan airnya, sedangkan ampasnya di tempelkan pada luka akibat gigitan.

23. Mengobati malaria
Caranya segenggam daun sambilito direbus dengan menggunakan 4 cangkir air hingga mendidih dan tersisa separuhnya, setelah itu diminum setengah gelas setiap hari 3 x.

Kapsul Sambiloto untuk Kencing Manis

Sudah banyak sambiloto yang dibuat dalam bentuk kapsul, seperti produk "Borobudur Herbal Sambiloto" yang berisi 100 kapsul. Berguna untuk meringankan kencing manis bagi penderita diabetes.

Demikian Khasiat Sambiloto dan beberapa manfaatnya. Semoga bermanfaat.



Source : dari berbagai sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...