Home Top Ad

Tips Atasi Mata Tegang Akibat Layar Komputer

Share:
Kebanyakan dari kita yang menghabiskan waktu di depan layar komputer, terutama karena alasan pekerjaan. Terlalu lama menatap layar komputer membuat mata tegang. Kebanyakan dari kita yang menghabiskan waktu di depan layar komputer, terutama karena alasan pekerjaan. Terlalu lama dan sering menatap layar komputer dapat membuat mata tegang, sakit, dan kering. 


Nah, ada beberapa tips untuk mengatasi mata tegang akibat layar komputer yang dapat kita coba:

1. Istirahat setiap satu jam sekali

Jika pekerjaan mengharuskan kita berada di depan layar komputer dalam waktu yang lama, maka kita harus mengambil waktu istirahat setiap satu jam sekali. Istirahatkan mata dengan tidak menatap layar komputer selama beberapa saat. Hindari juga warna yang terang atau cerah saat mengistirahatkan mata agar lebih rileks.

2. Tutup mata selama beberapa saat

Jika cara pertama tadi dirasa akan membuang waktu kerja, maka kita bisa mencoba menutup mata salama beberapa detik pada interval waktu tertentu. Misalnya saja saat kita sedang berpikir sesuatu, hindari dengan menatap ke layar komputer, jadi kita bisa berpikir sambil memejamkan mata.

3. Mencuci wajah setidaknya sekali sehari

Kita dapat memanfaatkan waktu makan siang untuk beristirahat dan menyegarkan diri. Cucilah wajah setelah terlalu banyak menatap layar komputer. Kita juga bisa membersihkan mata dengan air untuk membuang kotoran yang ada pada mata.

4. Berpaling dari monitor secara berkala

Bahkan menggunakan kacamata anti silau yang dirancang khusus, mata tetap akan merasakan ketegangan. Berpaling dari monitor adalah cara tepat untuk membuat mata lebih santai dan segar kembali. Sementara waktu hindari mata dari sesuatu yang bercahaya karena akan menyakitkan mata.

5. Gunakan lotion mata dari dokter

Beberapa orang memiliki masalah yang serius pada matanya yang kering dan gatal karena terlalu menghabiskan waktu di depan layar komputer. Untuk masalah seperti ini, kita harus meminta bantuan dokter agar diberikan resep obat tetes mata.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...