Home Top Ad

Khasiat dan Manfaat Kurma Selama Puasa

Share:
Mungkin sudah tidak asing bagi kita dengan buah kurma yang merupakan buah asli dari Timur Tengah. Buah ini marak di jual menjelang dan selama puasa, karena selain manis ternyata banyak mengandung Khasiat dan Maanfat terutama bagi yang berpuasa, juga karena kurma merupakan buah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk mengawali berbuka puasa.

Berpuasa dapat memberikan efek lain pada tubuh, misalnya gula darah rendah, tingkat energi lebih rendah dan tekanan darah rendah. Karena kurma dapat memperbaiki ketidak seimbangan di tubuh tersebut, maka umat muslim biasanya berbuka dengan kurma. 

Sebagai sumber energikurma untuk buka puasa sangat baik karena bisa memberi energi secara instant. Buah ini sangat mudah dicerna sehingga cepat menggantikan energi tubuh yang hilang selama berpuasa.

Sebagai sumber nutrisi, kurma juga memberikan semua nutrisi tubuh yang dibutuhkan dan yang terkuras selama berpuasa. Buah dari tanaman jenis palma ini kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, dan fruktosa. 

Kandungan Karbohidrat di dalam kurma dicerna secara perlahan oleh tubuh dan melepas energi secara berkelanjutan. Kurma juga mengontrol rasa lapar ketika berbuka, sehingga menghindari seseorang makan secara berlebihan setelah puasa. Karena hanya dengan makan 3 buah saja, sudah membuat perut kenyang.

Kurma juga mempersiapkan perut setelah pencernaan tidak aktif ketika berpuasa. Makanan pokok di Timur Tengah ini merangsang sekresi enzim pencernaan di dalam perut yang membantu pencernaan makanan. Di bulan Ramadan buah ini bermanfaat untuk mencegah sembelit karena kurma kaya kan serat.

Demikian Khasiat dan Manfaat Kurma selama Puasa. Jadi, marilah kita konsumsi kurma selama puaasa. (Dari berbagai sumber) 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...