Home Top Ad

Cara Mengatasi Diabetes Melitus

Share:
Cara Mengatasi Diabetes Melitus. Mungkin sudah tidak asing bagi kita mendengar kata diabetes. Ya..diabetes adalah penyakit berupa kelainan metabolik yang mengakibatkan tubuh tidak mampu mengendalikan kadar glukosa dalam darah, sehingga kadar glukosa darah mengalami peningkatan (hiperglikemia) secara berkepanjangan (kronik). Kadar glukosa darah tersebut meningkat akibat dari ketidakmampuan organ tubuh (pankreas) untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif.

Sebelum mengetahiu Cara Mengatasi Diabetes Melitus, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu Penyebab Penyakit Diabetes Melitus sbb :
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti dari nasi atau roti.
  • Kurang melakukan aktivitas fisik atau kurang berolahraga.
  • Kekurangan tidur atau banyak bergadang.
  • Terlalu banyak merokok.
Adapun Orang-Orang Yang Beresiko Terkena Penyakit Diabetes Melitus adalah sbb :
  • Mereka yang merupakan keturunan dari penderita diabetes melitus.
  • Mereka yang mengalami obesitas atau kegemukan.
  • Mereka yang kurang beraktivitas meskipun masih berusia muda.
  • Mereka yang memiliki kebiasaan merokok.
  • Mereka yang suka mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi.
  • Mereka yang menderita hipertensi atau darah tinggi.
  • Mereka yang suka mengkonsumsi obat-obatan kimia.
Bagi yang sehat, perlu dilakukan tindakan pencegahan sbb :

Dari faktor-faktor penyebab diabetes melitus diatas kita dapat menyimpulkan bagaimana cara mencegah penyakit diabetes melitus tersebut atau meminimalisir resiko terkena penyakit diabetes melitus dengan cara menghindari faktor-faktor diatas serta memperbaiki pola hidup dan pola makan menjadi lebih sehat lagi agar dapat terhindar dari resiko terkena serangan diabetes melitus, bahkan untuk orang yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes melitus pun dapat terhindar dari resiko terkena serang diabetes melitus ini, asalkan dapat merubah dan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat lagi serta rajin berolah raga.

Untuk Cara Mengatasi Diabetes Melitus ini, selain dengan pengobatan melaui dokter, bisa juga dengan mengkonsumsi obat herbal. Selama masa pengobatan sebaiknya juga memperhatikan pola makan sbb :
  1. Banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat sehat. Sumber karbohirdat adalah buah-buahan, sayur-sayuran, tepung, kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak. Tetapi, meskipun diperbolehkan, pola konsumsi karbohidrat tetap harus diperhatikan. Sebaiknya jumlah karbohidrat yang dikonsumsi sama jumlahnya untuk setiap kali makan. Demikian juga dengan jumlah total karbohidrat harian, hendaknya sama dari hari ke hari. Tujuannya agar gula darah tetap stabil, tidak naik turun.
  2. Banyak makan makanan kaya serat. Serat adalah zat yang terdapat dalam makanan yang tidak diserap oleh tubuh. Walaupun demikian, fungsi serat sangat penting. Salah satunya adalah membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol. Contoh makanan kaya serat yaitu kacang polong, buncis, apel, jeruk, wortel, daun ubi, kangkung, bayam, dll. Tubuh setidaknya memerlukan 25-50 gram serat setiap harinya.
  3. Membatasi makanan mengandung lemak jenuh. Salah satu komplikasi serius diabetes adalah ganggung pada pembuluh darah jantung dan otak. Gangguan ini dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner dan stroke. Agar gangguan ini tidak bertambah parah, maka sebaiknya penderita diabetes menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, contohnya adalah mentega dan margarin.
  4. Hindari makanan berkolesterol tinggi. Sama seperti lemak jenuh, makanan berkolesterol tinggi juga dapat meningkatkan kemungkinan munculnya penyakit jantung koroner dan stroke pada penderita diabetes. Oleh karena itu, adalah tindakan bijaksana untuk menghindari makanan berkolesterol tinggi seperti jeroan atau kuning telur.
  5. Perbanyak makan ikan. Ikan banyak mengandung asam lemak Omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ikan juga dapat menjadi sumber protein pengganti telur dan daging. Tetapi perlu diingat, hindari menyajikannya dalam bentuk ikan goreng. 
Jika ingin penyembuhan dengan mengkonsumsi Obat Herbal, salah satunya adalah Obat Diabetes Melitus yang di dapatkan di sini.

Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal'afiat dan bagi yang sakit semoga cepat diberikan kesembuhan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...